Berkah Juara Pemuda Pelopor, Deo Wakili Bondowoso

Tidak sampai seminggu berselang dari suksesnya 2 siswa SMK Negeri 1 Tapen meraih gelar juara di bidang desain grafis dan fotografi, kembali siswa SMK Negeri 1 Tapen membuktikan kompetensinya dan mengukir gelar juara pada ajang lomba tingkat kabupaten.

Adalah Deo Andreas Syaputra, siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang sukses menjadi Juara I pada ajang seleksi Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi tingkat kabupaten yang diadakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bondowoso. Kepastian Deo meraih juara didapatkan melalui lampiran keputusan dewan juri yang tersebar hari ini.

Siswa asal sumberwringin ini dinyatakan meraih juara I setelah lolos menjadi finalis dan mengikuti penilaian langsung ke lapangan. Siswa kelahiran tahun 2003 ini mampu memikat dewan juri saat visitasi tepat pada hari ulang tahunnya, 26 April lalu. Dibawah bimbingan bapak Ahmad Timbul Soleh, ST, remaja ini sangat tangkas dan percaya diri dalam mempresentasikan inovasinya.

Pada seleksi pemuda pelopor 2021, Deo mempresentasikan inovasinya merancang deteksi pintu otomatis dan deteksi masker. Prinsip kerja alat ini adalah memastikan seseorang menggunakan masker dan menghubungkannya dengan pintu otomatis. Apabila seseorang terindikasi tidak menggunakan masker maka pintu akan terkunci.

Para juri yang melihat dan menguci cara kerja alat ini tampak sangat antusias, terlebih dalam masa pandemi di mana penggunaan protokol kesehatan sangat digalakkan. Alat ini diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan masker.

Atas prestasi tersebut, Deo berhak mewakili Kabupaten Bondowoso dalam seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi. Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd., terlihat sangat bangga atas prestasi anak didiknya. “Kami sangat mengapresiasi setiap prestasi baik dari siswa dan guru. Sekolah siap memfasilitasi apapun yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi semua warganya”, kata Bapak dua puteri ini dengan tegas.