5 Tips Jitu Menjaga Imunitas Tubuh

Adi Sumantri, S.Pd.

Setahun lebih pandemi covid 19 melanda dunia, tidak satupun negara di dunia yang aman dari pandemi termasuk negara kita Indonesia. Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini terjadi lonjakan kasus positif covid 19 di Indonesia.

Imunitas tubuh merupakan kan hal yang harus dijaga dalam kondisi saat ini agar tubuh tidak mudah jatuh sakit. Terlebih pada saat sekarang kita memasuki musim pancaroba, di mana terjadi di perubahan cuaca yang drastis dan dan biasanya ada banyak orang sakit di musim ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar kondisi tetap fit dan bisa terhindar dari penyakit. Berikut adalah tips dari kami agar imunitas tubuh tetap terjaga:

  1. Beristirahat yang cukup
    Dalam berbagai riset seorang manusia dewasa membutuhkan waktu untuk tidur setidaknya selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Istirahat merupakan cara mempertahankan imun tubuh yang paling murah karena tidak membutuhkan biaya sedikitpun.
    Dengan istirahat yang cukup, tubuh dapat memproduksi sitokin dalam jumlah banyak yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi serta peradangan dan secara efektif menciptakan imunitas.
  2. Berolahraga secara rutin
    Berolahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih sehingga kegiatan ini sangat cocok dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
    Berbagai bakteri dapat dikeluarkan melalui saluran pernafasan saat berolah raga sehingga dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit. Luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk melakukan aktivitas olah raga.
  3. Konsumsi makanan bergizi
    Makanan dengan gizi seimbang dapat membantu seseorang meningkatkan imun tubuhnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan.
    Kita patut bersyukur karena makanan tersebut tersedia di sekitar kita. Aneka sayur, lauk, dan buah-buahan dapat ditemukan dengan mudah. Pastikan proses pengolahannya dilakukan dengan benar agar kandungan nutrisinya tidak hilang.
  4. Konsumsi Banyak Air Putih
    Mengkonsumsi air putih yang cukup membantu tubuh manusia agar terhindar dari dehidrasi. Idealnya, manusia mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih untuk membantu meningkatkan imun tubuh agar metabolisme selalu stabil sehingga terhindar dari potensi tertular virus
  5. Sering Berjemur
    Sinar matahari adalah sumber vitamin D gratis yang tersedia di alam. Asupan vitamin D dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas khususnya selama masa pandemi ini. Paparan sinar mata hari pada jam 08.00-09.00 dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin D. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 sampai 15 menit berada di bawah sinar matahari langsung yang dilakukan secara rutin, setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sepekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.