Raih Juara I, Adel – Fajar Wakili Jawa Timur ke Tingkat Nasional

Prestasi membanggakan kembali diukir siswa-siswi SMK Negeri 1 Tapen. Kali ini Adeliya Lestari dan Fajar Putra Setiawan, siswa kelas XI sukses meraih juara I Lomba Peneliti Belia yang diselenggarakan oleh Center for Young Scientists. Utusan SMK Negeri 1 Tapen ini merupakan perwakilan satu-satunya perwakilan SMK di Jawa Timur.

Kepastian Adel dan Fajar menjuarai lomba didapatkan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 melalui pengumuman yang disampaikan secara daring. Adel dan Fajar sukses mengungguli kompetitor lain pada bidang lomba komputer. Kedua siswa ini sukses memikat juri melalui Pintu Antrian Otomatis.

Kesuksesan kedua siswa ini tidak lepas dari duet pembimbing Ibu Ida Rita Sumanti, S.T, dan Bapak Suwarno Arieska, S.Pd. Sejak lomba dilaunching pada awal Juli 2021 lalu, kedua pembimbing ini langsung sigap bergerilya mencari siswa terbaik yang akan diikutkan dalam lomba.

“Bagi saya ini seperti mimpi, pertama kali mengikuti lomba penelitian dan langsung mengahtarkan anak juara”, kata Ibu Ida. “Bersyukur bisa juara, karena lomba dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan” imbuh Bapak Suwarno.

Meraih juara di tingkat provinsi menambahkan tantangan baru bagi Adel dan Fajar. Kedua siswa ini secara otomatis mewakili Provinsi Jawa Timur ke kancah nasional. Untuk menambah skill bahasa asing yang menjadi nilai lebih, kedua guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Tapen Ibu Lilik Suryawati, S.Pd, dan Ibu Diah Permitasari, S.Pd langsung bergabung melatih skill presentasi dengan Bahasa Inggris

Dikutip dari tagar.id, Lomba Peneliti Belia merupakan rangkaian lomba penelitian yang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sebagai bagian dari seleksi tim nasional. Peserta lomba adalah siswa sekolah menengah, SMA, SMP, SMK, SLB, MA, MTs, yang membawakan penelitian dalam 5 bidang sains dan 5 bidang sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.