Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar dengan IDUKA

Kebutuhan sumber daya manusia terampil di dunia industri dan dunia kerja (IDUKA) menjadi tantangan tersendiri bagi siswa lulusan SMK. Utamanya di era revolusi industri 4.0 ini. Masyarakat tidak lagi dihadapkan dengan lulusan yang bergelar namun juga dituntut untuk memiliki skill, keterampilan dan kompetensi sesuai kebutuhan IDUKA. Menanggapi tantangan ini, SMK Negeri 1 Tapen mengadakan workshop Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar.

penyampaian materi oleh Bapak Adi Kurniawan Saputro, S.Pd., M.T.

IDUKA yang terlibat penyelarasan kurikulum yaitu CV. Elmech Technology Indonesia yang berlokasi di Surabaya. Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi terutama dalam bidang otomasi yang meliputi pelatihan teknologi robotika dan mikrokontroler, penjualan komponen elektronika dan robotika, dan pembuatan peralatan berbasis mikrokontroler atau penggabungan dari berbagai sistem informasi.

Workshop ini dilaksanakan Jumat, 04 November 2022 di aula SMK Negeri 1 Tapen. Kegiatan ini dimulai 07.30 WIB sampai selesai. Hadir sebagai pemateri Adi Kurniawan Saputro, S.Pd., M.T. Beliau seorang dosen strata-1 teknik elektro di Universitas Trunojoyo Madura, Manajer Pemasaran Elmechtechnology.com Manajer Pemasaran Automaticacademy.co.id. Seorang akademisi dan praktisi serta entrepreneur di bidangnya.

Dengan adanya kegiatan ini, siswa yang lulus diharapkan memiliki softskill dan hardskill sesuai kebutuhan IDUKA sehingga lulusan SMK Negeri 1 Tapen dapat diserap di IDUKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.