Update Teknologi Terbaru dari Industri

World Economic Forum menyatakan bahwa revolusi industri yang ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. 

Oleh karena itulah, Update dan upgrade ilmu itu sangat penting bagi siapapun. Guru sebagai agen perubahan wajib melakukan itu. So…. let’s learn. Salah satu upaya update dan upgrade ilmu yang dilakukan para guru di SMK Negeri 1 Tapen adalah dengan menghadirkan tamu dari CV. Elmech Technology Indonesia. CV ini didirikan oleh bapak Agus Khumaidi, S.ST., M.T. Beliau adalah pendiri sekaligus pemilik Elmech Technology Indonesia.

Peserta bersama narasumber dari Elmech Technology Indonesia

Bapak Ananta Reyhan Fernandi, S.T. selaku narasumber menyampaikan bahwa teknologi dasar pendukung di era industri 4.0 yaitu, cyber physical system (CPS), Internet of Things, dan Kecerdasan buatan (AI) Machine learning. Masing-masing teknologi dasar tersebut memiliki kekuatan, kelemahan, ancaman, dan tantangan tersendiri. 

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) mengacu pada system yang mengumpulkan data dari berbagai sensor yang ada di pabrik, atau di remote lokasi, kemudian mengirimkan data ke komputer pusat yang akan mengelola dan mengontrol data yang diterima. SCADA kini sudah menghadirkan generasi ketiga. SCADA inilah yang menjadi salah satu teknologi yang diperkenalkan kepada peserta workshop yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan. 

Workshop ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 November 2022 mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai di aula SMK Negeri 1 Tapen. 

Dengan update dan upgrade ilmu bukan tidak mungkin jika kitalah yang menciptakan teknologi terbaru itu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.