Jadi Pendekar, Kepala SMKN 1 Tapen Imbaskan Jurus Perencanaan Berbasis Data

Bondowoso, 26 Juli 2024 – SMK Negeri 1 Tapen terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggelar kegiatan pengimbasan Pendekar (Penggerak Merdeka Belajar). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2024 diikuti oleh 13 guru yang mewakili guru mata pelajaran kejuruan dan guru mata pelajaran umum.

Pengimbasan yang berfokus pada topik Perencanaan Berbasis Data ini bertujuan untuk membekali para guru dengan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan data, para guru diharapkan dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa.

Kegiatan pengimbasan yang dilaksanakan di Lab 5 sejak pukul 08.00 WIB ini dipimpin langsung oleh Kepala SMKN 1 Tapen, Mashudi, S.Pd.I. Dalam arahannya, beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. “Dengan mengimplementasikan Perencanaan Berbasis Data, kita dapat menciptakan pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna bagi siswa,” ujar Mashudi.

Dalam pengimbasan ini, Mashudi menyampaikan inovasi Si Tatib Menyala yang merupakan kepanjangan Aplikasi Tata Tertib Menginvestigasi Terjadinya Perlanggaran Siswa, suatu aplikasi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Inovasi ini dilakukan karena berdasarkan data yang dipunya, kedisiplinan siswa masih perlu ditingkatkan.

Kegiatan pengimbasan ini merupakan rangkaian kegiatan Pendekar yang dilaksanakan oleh Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur. Program Pendekar sendiri merupakan program pengembangan profesional guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Khusnul Insani, S.Pd, M.Pd, Pengawas SMKN 1 Tapen yang hadir dalam kegiatan ini memberikan apresiasi yang sangat tinggi “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru. Saya mengharap semua guru bisa mengadaptasi pengalaman Kepala Sekolah dalam merencanakan kegiatan,” ujar Ibu Khusnul sambil tersenyum.

Dengan mengikuti kegiatan pengimbasan ini, diharapkan para guru SMKN 1 Tapen dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Mereka diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dalam pembelajaran sehari-hari, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *