SMKN 1 Tapen Raih Juara 2 dalam Final Lomba Media Pembelajaran Ijen Geopark 2024


Bondowoso – SMKN 1 Tapen berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih juara 2 dalam ajang final Lomba Media Pembelajaran Ijen Geopark 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Ijen Geopark sebagai bagian dari upaya memperkenalkan kearifan lokal melalui media pembelajaran yang inovatif dan menarik.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Banyuwangi tersebut, SMKN 1 Tapen menghadirkan DIGIPLAY, sebuah media pembelajaran berbasis metaverse. Media ini memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif dan menarik. Konsep ini berhasil mencuri perhatian para juri dan pengunjung dengan adaptasinya terhadap kemajuan teknologi.

Sekilas Kegiatan Lomba Media Pembelajaran Ijen Geopark 2024



DIGIPLAY dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan efisien melalui multiplatform. Media ini memungkinkan akses yang cepat dari berbagai perangkat, sehingga fleksibilitasnya menjadi keunggulan tersendiri. Tidak hanya itu, DIGIPLAY juga menampilkan elemen kearifan lokal khas Ijen Geopark dalam bentuk visual dan cerita yang memikat.

Ketua Tim DIGIPLAY, Haris Nurtanio, mengungkapkan bahwa media pembelajaran ini merupakan hasil kolaborasi antara guru dan siswa SMKN 1 Tapen. “Kami ingin menggabungkan teknologi modern dengan nilai-nilai lokal yang ada di sekitar kita. Melalui DIGIPLAY, siswa bisa memahami budaya lokal dengan cara yang menyenangkan dan inovatif,” jelasnya.

Kompetisi ini diikuti oleh berbagai sekolah dari tingkat SMA/SMK se-Jawa Timur, dengan tantangan menciptakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal yang relevan dan inovatif. Meski belum berhasil meraih juara pertama, DIGIPLAY mendapatkan banyak apresiasi dari juri dan pengunjung. Para juri memuji konsepnya yang futuristik dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Salah satu pengunjung, Yuli Kartika, menyatakan kekagumannya terhadap DIGIPLAY. “Saya sangat terkesan dengan bagaimana teknologi metaverse digunakan untuk memperkenalkan budaya lokal. Ini sangat menarik dan edukatif,” ujarnya.

Kepala SMKN 1 Tapen, Mashudi, mengapresiasi kerja keras tim dan berharap pencapaian ini menjadi motivasi bagi siswa dan guru lainnya untuk terus berinovasi. “Prestasi ini menunjukkan bahwa kita mampu bersaing di era digital. Saya bangga dengan kreativitas dan kerja keras seluruh tim,” ungkapnya.

Dengan keberhasilannya meraih juara 2 di Lomba Media Pembelajaran Ijen Geopark 2024, SMKN 1 Tapen sekali lagi membuktikan diri sebagai sekolah yang unggul dalam menciptakan inovasi pembelajaran. DIGIPLAY menjadi bukti nyata bahwa perpaduan antara teknologi dan kearifan lokal dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *