Hari Pertama Sekolah; Apel dan Halal Bihalal

Setelah beberapa hari menikmati libur hari raya, SMK Negeri 1 Tapen kembali didatangi siswa-siswi untuk belajar dan bertemu para guru. Setelah mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, satu persatu siswa memasuki gerbang sekolah. Dengan menggunakan masker, mereka tampak disiplin berbaris dan menjaga jarak aman.

Sementara itu di depan sekolah, beberapa pengurus OSIS terlihat menyiapkan perangkat sound system. Pada hari ini sekolah mengagendakan apel pagi yang diikuti oleh siswa kelas X, guru, dan tenaga administrasi sekolah. Sementara siswa kelas XI tidak dihadirkan ke sekolah karena masih mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Tepat pukul 07.30 pelaksanaan apel dimulai. Siswa dan guru berbaris dengan rapi pada posisinya masing-masing. Pembawa acara memandu pelaksanaan apel yang diikuti seluruh peserta dengan tertib.

Puncak apel hari ini adalah pengarahan Kepala Sekolah. Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd., yang memimpin langsung pelaksanaan apel lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap bersemangat belajar meskipun dalam kondisi pandemi. “Jangan sampai masa pandemi menjadi alasan untuk mandek belajar”, kata Kepala SMK Negeri 1 Tapen ini.

Setelah apel ditutup dengan doa, kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal. Berbeda dengan halal bilahal sebelum pandemi, kali ini siswa tidak bersalaman langsung dengan para guru dan tenaga administrasi. Sebagai gantinya, mereka meletakkan tangan di depan dada dan mengangguk khidmat.

Antusiasme siswa, guru, dan tenaga administrasi mengikuti kegiatan hari pertama sangat tinggi. Hampir semua siswa hadir ke sekolah, hanya tercatat beberapa siswa yang tidak hadir karena alasan sakit. Demikian juga guru dan tenaga kependidikan, hampir seluruhnya hadir dan mengikuti kegiatan pembuka sekolah pasca lebaran.