Ajak Warga Sekolah Melek Jurnalistik dengan Pelatihan

Hari ini (03/01)adalah hari pertama kegiatan pelatihan jurnaistik bagi GTK SMKN 1 Tapen.Acara yang sediannya akan berlangsung hongga tiga hari kedepan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengasah kompetensi jurnalistik para GTK SMKN 1 Tapen.Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di Aula Smk Negeri 1 Tapen trsebut diikuti oleh Tenaga Pendidik dan kependidikan, dan tambahan beberapa siswa yang berminat.

Kepala SMKN 1 Tapen Asyik Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik merupakan agenda rutin Tim Kurikulum SMK Negeri 1 Tapen yang bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar seorang jurnalis dalam menuliskan sebuah berita, baik di media cetak online maupun offline.

“Saya mempunyai harapan besar bahwa semua GTK untuk bisa menghasilakan produk jurnalistik baik dalam bentuk berita maupun karya-karya features agar sekolah kita semakin melesat “ tegas Asyik mengakhiri sambutannya.

Hadir sebagai pemateri pelatihan jurnalistik kali ini adalah Daris Wibisono yang mendeskripsikan pentingnya GTK mempunyai kemampuan penulisan jurnalistik dalam hal ini khususnya adalah teknik penulidan berita dan features. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapat tugas untuk membuat berita kegiatan pelatihan jurnalistik berkaitan dengan penulisan berita yang menggunakan prinsip 5W1H dan membuat tulisan berdasarkan kegiatan-kegiatan sekolahyang dilaksanakan di SMKN 1 Tapen Bondowoso.

“Saya akan berikan jurus sakti nulis berita dan features, dana saya yakin jikan bapak dan Ibu mengikuti degnan baik, saya jamin cukup 9 menit maka jenengan bisa hasilkan berita” ujarnya dengan semangat.

Antusiasme peserta Pelatihan Jurnalistik sangat luar biasa, dengan pemateri yang mampu membawakan suasana menjadi sangat hangat ,sehingga para peserta semakin bergairah untuk menulis berita tentang kegiatan ini .Hal ini merupakan kegiatan pelatihan yang menantang dalam mengasah kemampuan menulisnya, “saya merasa menemukan hal yang sangat menantang dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini” ungkap Darmaji salah satu peserta yang merupakan guru BK di SMK Negeri 1 Tapen.

Beberapa peserta menanggapi “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menunjang kemampuan menulis “ ujar salah satu peserta yang enggan disebutkan namanya.Memang kegiatan menulis adalah sesuatu yang mudah namun sangat sulit bagi seorang pemula.

Pada akhir kegitaan hari pertama, panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin dalam meningkatkan kemampuan GTK dalam menulis karya ilmiah maupun artikel ilmiah sebagai bentuk peningkatan mutu dalam dunia pendidikan merdeka belajar. “ semoga kemampuan menulis GTK di SMK Negeri 1 Tapen akan lebih baik dan dinamis guna mendukung kemajuan sekolah dalam pengembangan literasi baik di tingkat sekolah, nasional dan internasional” ujar salah satu panitia yang tidak mau disebutkan namanya..