Menemukan Talenta Tersembunyi Dengan Classmeeting

Kegiatan Class Meeting adalah sebutan untuk pekan setelah Penilaian Tengah Semester (PTS). Pada pekan ini semua siswa sudah selesai menjalani PTS yang lumayan membuat stress. Dengan adanya pekan ini berarti semua pembelajaran dan materi pada semester tersebut sudah separuh jalan. Maka diadakanlah kegiatan Class Meeting, satu pekan dimana semua siswa ikut andil untuk mengharumkan nama kelas.

OSIS SMK Negeri 1 Tapen

Classmeeting dilaksanakan pada tanggal 3 -6 Oktober 2022. Mulai pukul 07.30 WIB – selesai. Peserta lomba mulai dari kelas X, XI, dan XII dari berbagai jurusan. Kegiatan lombanya pun banyak dan bermacam-macam. Ada kelompok lomba olahraga dan ada juga yang non olahraga. Untuk olahraga pasti tahulah yang paling populer dilombakan adalah bola,dan voli. Untuk yang non olahraga ada desain grafis dan e-sport.

A. Tujuan Class Meeting

Diadakannya class meeting bukan berarti tanpa tujuan yang jelas. Class meeting memiliki tujuan yang dampaknya baik tidak hanya bagi siswa namun juga bagi guru. Berikut ini beberapa tujuannya:

Tujuan Class Meeting

Diadakannya class meeting bukan berarti tanpa tujuan yang jelas. Class meeting memiliki tujuan yang dampaknya baik tidak hanya bagi siswa namun juga bagi guru. Berikut ini beberapa tujuannya:

  1. Mengisi jam kosong

Seperti telah disinggung di awal, semua materi pembelajaran sudah habis. Itu artinya tidak ada kegiatan yang wajib dilakukan di dalam kelas lagi. Semua siswa memiliki banyak waktu jam kosong. Sayang rasanya kalau dimanfaatkan hanya untuk gabut di kelas atau nongkrong di kantin. Lebih baik ikut lomba perlombaan

  1. Memupuk kekompakan kelas

Dengan banyaknya perlombaan, semua siswa di kelas harus saling tahu jadwal masing-masing. Dengan terbatasnya jumlah personil di kelas, ada kemungkinan satu orang bisa ikut berbagai cabang. Itu artinya semua harus kompak. Yang tidak ikutan pun bisa ikutan sibuk dengan melengkapi administrasi kelas seperti mendaftarkan nama siswa sebagai peserta lomba ke panitia perlombaan.

  1. Menjalin komunikasi sesama siswa

Sudah barang tentu, komunikasi sesama siswa pun terjalin dengan baik dengan adanya class meeting. Sudah bukan hal yang aneh bahwa di kelas ada yang namanya geng-gengan atau kelompok-kelompok berbeda. Hal itu wajar saja kok karena semua orang punya minat berbeda dalam hidupnya. Ada geng yang suka main game, ada yang suka belajar, dan ada juga tim rebahan. Memang terpisah-pisah tapi kalau sudah ada class meeting, semua bersatu!

  1. Menjalin komunikasi siswa dan guru

Tidak hanya komunikasi antar siswa saja yang terjalin baik, komunikasi antara siswa dan guru pun semakin baik. Guru yang biasa jadi juri dalam banyak perlombaan pasti jadi dekat dengan para peserta lomba atau pun dengan para penonton lomba. Wali kelas pun jadi kerap rajin bertanya lomba apa yang diikuti kelasnya dan sudah menang di lomba apa saja.

Itulah beberapa tujuan class meeting. Class meeting bisa membuat satu kelas kompak, menyatukan, dan membuat jalinan komunikasi tidak hanya antar siswa namun siswa dan guru pun jadi amat baik. 

Hasil Karya lomba Desain Grafis

B. Manfaat Class Meeting

Selain ada tujuannya, class meeting juga memiliki manfaat bagi para siswa, guru, dan juga sekolah. Berikut ini manfaat yang akan dirasakan:

  1. Terlihatnya talenta tersembunyi

Dengan banyaknya jenis lomba yang diadakan oleh panitia Class Meeting, maka semua anggota kelas wajib turut andil berperan membela kelasnya. Dari sanalah akan terlihat talenta-talenta yang sebelumnya tidak diketahui. Ada yang jago olahraga, ada yang jago desain grafis, ada yang e-sport, semuanya bermunculan.

  1. Meningkatnya rasa percaya diri

Rasa percaya diri masing-masing siswa pun muncul dengan adanya class meeting. Bisa jadi individu yang tadinya pemalu, karena sudah ikut andil dan ternyata didukung teman-temannya, Ia jadi lebih bersemangat. Mereka yang tidak terbiasa dengan kerjasama kelompok pun jadi makin percaya diri setelah ikut jadi personil lomba untuk kelas.

  1. Relaksasi setelah PTS

Penilaian Tengah Semester tentunya bikin stress semua orang. Maka pikiran yang stress harus dibuat santai supaya tidak tegang. Bergerak bebas dengan mengikuti perlombaan olahraga dan sibuk kesana kemari mendukung teman di berbagai perlombaan bisa membuat bahagia. Tawa dan canda yang membarenginya pasti menjadi kenangan yang tak terlupakan.

  1. Bikin sehat, bikin pintar

Manfaat class meeting yang terakhir adalah membuat para siswa jadi makin sehat. Secara fisik dan mental makin sehat karena banyak bergerak. Secara intelektual jadi terasah karena adanya perlombaan dan tuntutan untuk menang. 

Itulah beberapa manfaat class meeting. Dari mulai ditemukannya talenta tersembunyi hingga bikin makin sehat secara fisik dan mental, semuanya bisa dirasakan oleh semua siswa, guru, dan juga sekolah 

C. Jenis lomba Classmeeting

Futsal

Futsal merupakan lomba classmeeting yang paling digemari. Semua kelas mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba ini. Bahkan bapak dan ibu guru juga ikut berperan aktif sebagai supporter. Lomba ini dilaksanakan pada 3-4 Oktober 2022 di lapangan SMK Negeri 1 Tapen. 

  1. Desain Grafis

Lomba desain kali ini mengangkat tema “Kearifan lokal Budaya Bondowoso”. Pemilihan ini untuk me-refresh ingatan siswa tentang kearifan lokal yang ada di lingkungannya. Sehingga siswa tidak lupa dengan akar budaya daerah.

Hasil Karya Ameliya Rifka Andini 12 RPL

berikut hasil karya siswa juara 1 atas nama Ameliya Rifka Andini. 

  1. Volly

Lomba Volly ini melibatkan peserta putra putri dari berbagai kelas. Peserta lomba voli sebanya sepuluh orang per regu. Lomba ini dilaksanakan tanggal 5-6 Oktober 2022 di lapangan SMK Negeri 1 Tapen. 

  1. E-sport 

Ide lomba class meeting selanjutnya adalah yang paling sedang digandrungi oleh semua orang, yaitu E-sport. Cabang yang dilombakan ada Mobile Legend. Pesertanya tidak terbatas. Asalkan punya kuota dan perangkat yang mendukung, semua bisa ikutan. 

Kesimpulan

Class meeting diadakan untuk mengisi jam kosong setelah melakukan PTS. Semua siswa bisa ikut lomba sesuai dengan minatnya. Tujuan dan manfaat dari class meeting akan dirasakan oleh siswa, guru, dan juga sekolah. Mulai dari munculnya talenta tersembunyi hingga terjalinnya kekompakan kelas 

Leave a Reply

Your email address will not be published.