Workshop Perencanaan Berbasis Data

SMK Negeri 1 Tapen melaksanakan workshop Perencanaan Berbasis Data pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 mulai pukul 09.00 sampai dengan selesai di Aula SMK Negeri 1 Tapen. Perencanaan berbasis data adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan data yang dimulai dari 1. Identifikasi masalah pada satuan pendidikan, 2. Melakukan refleksi, dan 3. Melakukan pembenahan. 

Identifikasi masalah pada satuan pendidikan berdasar pada rapot pendidikan. Selanjutnya dianalisis profil dan akar masalah kemudian perumusan program dan kegiatan dimasukkan dalam dokumen perencanaan dan anggaran (RKAS, RKT, RKJM). Selanjutnya dilaksanakan kegiatan dan monitoring kemudian evaluasi. 

SMK Negeri 1 Tapen mengadakan workshop Perencanaan Berbasis Data ini untuk memberikan wawasan terkait dasar perumusan anggaran sekolah, baik BOS & BOP. Selain itu untuk memberikan pemahaman pentingnya pelaksanaan asesmen Nasional. Asesmen Nasional terdiri dari asesmen literasi dan numerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. 

Hadir sebagai narasumber perencanaan berbasis data, yaitu Ir. Wahyu Purnomo, M.T. Beliau adalah instruktur yang berasal dari PPPPTK BOE Malang. Dikatakannya betapa penting melakukan tindak lanjut dari kegiatan refleksi dari rapor pendidikan berupa monitoring dengan bentuk dan pencatatan perubahan hingga akhirnya melakukan perbandingan capaian profil pendidikan yang baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.