Sosialisasi Program Revolusi Industri 4.0 dan Kawasan Prioritas Nasional

SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan harus terus menerus melakukan pengembangan, terutama di era industri 4.0. Menjawab tantangan ini, SMK Negeri 1 Tapen mengadakan kegiatan sosialisasi Program Revolusi Industri 4.0 dan Kawasan Prioritas Nasional pada hari Selasa tanggal 25 bulan Oktober tahun 2022 yang bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tapen. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang peserta yang berasal dari tenaga pendidik dan kependidikan. Acara dimulai pukul 09.00 sampai selesai.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan kali ini yaitu Bapak Ahmad Faisal Rizal selaku founder dan CEO PT TOKOLABS Sinergi bersama di Banyuwangi Jawa Timur. Pengalamannya sebagai founder dan CEO beberapa PT menunjukkan kualifikasinya yang tidak perlu diragukan lagi. Laki-laki lulusan SMK Telekomunikasi Darul Ulum tahun 1999 ini sudah berhasil menunjukkan bahwa pendidikan itu bukanlah suatu hal yang urgent, namun tekad dan kemauan dirilah yang membuat kita berhasil.

Materi yang diberikan terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kawasan ekonomi khusus adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dan manfaat perekonomian tertentu. Tujuannya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan peningkatan daya saing. Kegiatan ini diisi dengan diskusi antara narasumber dan peserta. Dari hasil diskusi disampaikan bahwa pentingnya membangun sebuah networking dengan tetap memperhatikan attitude yang dimiliki. Rekrutmen sebuah perusahaan lebih mementingkan attitude daripada kemampuan yang dimiliki calon karyawan. Seperti bersikap jujur, on time, kreatif dan inovatif. Selain itu, pentingnya memahamkan kepada peserta didik tentang alasan adanya digitalisasi di era industri 4.0 agar mereka memiliki pemahaman bahwa digitalisasi hanya sebagian kecil yang mereka butuhkan sebagai calon karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.