Webinar Strategi Jitu Lulus Seleksi Kerja Bagi SMK

Diyah Febrikawati Ratna Dhanita seorang praktisi dan penulis buku berjudul Strategi Jitu Lulus Seleksi Kerja bagi SMK membagikan ilmunya dalam webinar yang berjudul sama. Webinar ini dihadiri oleh 16 orang guru dan karyawan serta 42 orang siswa kelas XII. Webinar ini dilaksanakan di laboratorium komputer 8 pada Jumat, 28 Oktober 2022 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini dilaksanakan setelah upacara peringatan sumpah pemuda ke-94.

Webinar ini dikhususkan bagi siswa yang duduk di bangku kelas XII agar mereka bisa menentukan tujuan selanjutnya setelah lulus SMK. Pilihan yang mereka miliki yaitu, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bekerja raya berwirausaha.

Dalam bekerja dibutuhkan bekal penting dalam menghadapi seleksi kerja. Bekal tersebut berupa softskill, hardskill, dan persiapan fisik dan mental. Softskill ini meliputi kemampuan bekerjasama (teamwork), memecahkan masalah (problem solving), leadership (kepemimpinan), dan attitude (karakter).

Great leadership start with Self leadership sebagaimana umyang diungkapkan Lars Sudmann. Dia seorang penasihat, pembicara, dan pelatih. Selain itu, juga pemilik Sudmann & Company. Dia dikenal sebagai pakar Kepemimpinan dan perubahan global.

Dalam webinar ini, peserta mendapatkan wawasan terkait teknis lolos seleksi kerja. Dimulai dengan materi terkait softskill dan hardskill yang seharusnya dimiliki. Selain itu membuang mental blok yang secara tidak sadar membuat diri sendiri terkungkung dan tidak mau bergerak. Peserta didik juga mendapat panduan cara membuat surat lamaran dan mengirimkannya via online.Dengan adanya webinar ini, peserta diharapkan dapat menjadi generasi muda yang berkarakter dan berjiwa pemimpin sebagai persiapan menghadapi dunia kerja. Sehingga mereka menjadi sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi sebagai pekerja terampil dan tidak berkontribusi terhadap pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.