Istimewa, Kacabdin Lepas siswa PKL!

Setelah melalui berbagai tahapan, puncak kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa PKL SMK Negeri 1 Tapen dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 Januari 2021 yang dikemas dalam Pelepasan siswa peserta PKL dengan menerapkan protokol kesehatan. Istimewanya, siswa peserta PKL pada tahun ini dilepas langsung oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bondowoso, Bapak Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM.

Upacara pelepasan siswa peserta PKL ini dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Tapen dengan dihadiri oleh Bapak Kacabdin, Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Pembimbing, dan siswa peserta PKL. Siswa peserta PKL ini dilepas secara simbolik oleh Bapak Kacabdin dengan ditandai pengalungan tanda pengenal dan penyerahan atribut PKL kepada 3 siswa yang mewakili kompetensi keahlian Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Kimia Industri.

Pada momen ini, Kacabdin memberikan beberapa arahan spesifik kepada siswa peserta PKL. Dalam arahannya, Kacabdin berpesan kepada siswa untuk aktif di tempat PKL. “Saya titip pesan, jangan ragu untuk bertanya dan meminta bimbingan selama PKL, jangan gunakan pepatah diam itu emas. Tapi kalau ada masukan dan nasehat jangan sampai rewel” Kata Kacabdin yang diikuti dengan senyum khasnya.

Antusiasme siswa dalam acara pelepasan ini sangat tinggi. Terlebih kehadiran Kacabdin yang langsung berinteraksi dengan siswa adalah momen yang sangat spesial bagi mereka. Seperti yang disampaikan Intan, siswa kelas XI MM yang mewakili kompetensi keahlian Multimedia ini merasa sangat bangga bisa berinteraksi langsung dengan Kacabdin. “Saya senang bisa menerima nasehat langsung dari bapak kacabdin. Beliau sangat memotivasi untuk pelaksanaan PKL ini”, kata siswi yang juga pengurus OSIS ini.

PKL merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya membiasakan siswa dengan iklim kerja di dunia kerja sehingga ketika lulus mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Dalam kondisi normal, kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 gelombang yaitu pada semester ganjil dan semester genap. Akan tetapi kondisi pandemi menyebabkan kegiatan ini hanya dilaksanakan pada semester genap saja.

Pada periode tahun ini, siswa peserta PKL dapat memilih PKL online atau onsite. Pada pelaksanaan PKL online, sekolah telah bekerja sama dengan beberapa developer perangkat lunak yang memberikan kesempatan siswa untuk mengikuti PKL secara daring dari tempat masing-masing. Sementara pada model PKL onsite, siswa ditempatkan pada mitra industri yang tersebar di Bondowoso, Situbondo dan Jember.