Sambut Kurikulum Merdeka, SMKN 1 Tapen gelar Workshop

Tahun pelajaran 2022/2023 masih tinggal sebulan lagi, namun SMK Negeri 1 Tapen sudah mulai mempersiapkan diri dengan menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka. Workshop yang diikuti oleh seluruh guru ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 22 Juni 2022 di aula mini sekolah. Sejumlah undangan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri yang menjadi mitra sekolah juga hadir.

Pada hari pertama pengawas sekolah, Ibu Khusnul Insani, S.Pd, M.Pd, memberikan materi tentang konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Dalam penjelasannya, Ibu Khusnul memberikan penekanan bagi semua guru agar benar-benar memperhatikan potensi setiap siswa agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai kompetensinya.

Sesi hari pertama dilanjutkan dengan penyampaikan materi oleh Bapak Sofyan Sauri, S.Pd, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKPP Tegalampel. Bapak Sofyan banyak berbagi tentang pemahaman Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran serta pengalaman implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah yang telah menerima program SMK Pusat Kunggulan.

Semangat para guru semakin bertambah ketika pada hari kedua hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Bapak Ahmad Jaenuri, S.Pd, M.Pd. Bapak Jaenuri lebih banyak membahas tentang esensi kurikulum merdeka dan memberikan motivasi tentang menjadi guru yang selalu siap terhadap perubahan kurikulum. Suasana menjadi lebih hidup saat guru dengan penuh semangat berdiskusi.

Selepas pemberian materi dari para nara sumber, seluruh guru mendapatkan tugas untuk melalukan penyusunan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Proses penyusunan perangkat ini dilakukan secara berkelompok menurut kompetensi keahlian.

Menurut Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd, pelaksanaan workshop ini dilaksanakan untuk menyatukan persepsi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. Terlebih SMK Negeri 1 Tapen memilih mandiri berbagi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran mendatang.