Benchmarking Guru Ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Secara umum, Oxford Dictionary mendefinisikan arti benchmarking adalah sesuatu yang dapat diukur dan digunakan, sebagai standar yang bisa dibandingkan dengan hal-hal lain. Jadi, benchmarking merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menilai atau membandingkan suatu hal.

SMK Negeri 1 Tapen mengadakan kegiatan benchmarking ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pada Kamis, 17 November 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk membandingkan penyelarasan kurikulum yang digunakan kampus PPNS dengan IDUKA sehingga bisa ditiru oleh sekolah. Peserta kegiatan ini guru produktif RPL dan tim manajemen sekolah. Total peserta sebanyak tiga belas orang.

Pada kegiatan ini dikenalkan program studi yang ada di PPNS dan laboratorium komputer yang digunakan. Diskusi panel antar program studi Teknik Otomasi dengan pihak sekolah dilakukan sebagai bentuk sharing informasi. Selain itu, peserta benchmarking juga melakukan kegiatan kunjungan ke laboratorium untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa diterapkan di sekolah.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki manajemen dan kondisi sekolah sehingga bisa menjadikan sekolah sebagai lembaga yang menjembatani antara pendidikan dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *