Dari Yogurt Sampai Desain Gerai UMKM, Inilah Topik Uji Kompetensi Keahlian Kelas X dan XI

Rangkaian evaluasi pembelajaran untuk kelas X dan XI Semester Genap SMK Negeri 1 Tapen sudah dimulai. Rangkaian evaluasi dimulai dengan Ujian Praktik Keahlian (UKK) yang diselenggarakan mulai 5 hingga 8 Juni 2023. Seluruh siswa kelas X dan XI dari semua kompetensi keahlian mengikuti ujian ini dengan penuh semangat.

Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kimia Industri diuji membuat Pupuk Organik Cair (POC) dan Yogurt. Selain diuji oleh guru jurusan Kimia Industri, Mitra Dunia Usaha yang diwakili oleh Siti Nurjanah,S.T dari CV Asyik Kefir juga terlibat sebagai penguji eksternal.

Keahlian siswa Teknik Kimia Industri dalam menyelesaikan produk mendapatkan apresiasi dari penguji eksternal. Bagaimana tidak, para siswa sukses membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari berbagai limbah mulai dari limbah tahu, limbah kulit singkong, limbah kulit pisang, cangkang telur, hingga air cucian beras. Tidak hanya itu, mereka juga mampu membuat kemasan sebagai hasil dari program Twin Skill yang hanya ada di SMK Negeri 1 Tapen.

Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia memiliki tugas ujian yang berbeda. Mereka ditugaskan untuk membuat branding 3 Dimensi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berbekal pembelajaran yang sudah dilalui, para siswa Multimedia sukses mendapat atensi dari penguji. “Tidak banyak anak muda yang memiliki keterampilan desain 3 Dimensi dengan kualitas yang baik seperti kalian” Ujar Bapak Fauzan amar S,Sn dari CV Fauzan Design yang menjadi penguji eksternal.

Adapun siswa dari kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak mendapatkan materi ujian yang berbeda-beda. Siswa kelas X RPL ditugaskan membuat Landing Page Portofolio Pribadi, Siswa kelas XI RPL ditugaskan membuat Aplikasi Pendataan Siswa, sedangkat siswa kelas X Pengembangan Gim membuat Game 2 Dimensi.

Penguji eksternal Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Bapak Hasbul Bahar, M.Kom sangat mengapresiasi karya siswa. “Pekerjaan siswa RPL melampaui ekspektasi saya, bagus sekali” Ujar pak Hasbul sambil tersenyum.

Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd., saat memantau pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian terlihat sangat bangga. Kepala yang juga pernah meraih Guru Berprestasi Kabupaten Bondowoso ini tak henti-hentinya menebar senyuman saat melihat progres siswa saat mengerjakan tugasnya. “Bagus, anak-anak kompeten” Tegasnya saat meninjau Laboratorium Kimia Industri.