Wisuda Purnawiyata Perdana, Siswa dan Wali Murid Antusias

Mengharukan, begitulah kata yang cocok untuk menggambarkan pelaksanaan Wisuda Purnawiyata Kelas XII yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022. Guru, Siswa, dan Wali Murid yang hadir pada kegiatan yang digelar di halaman sekolah tampak dengan khidmat mengikuti setiap rangkaian kegiatan hingga selesai.

Sejak pukul 07.00, satu persatu siswa dan walinya mulai berdatangan ke sekolah. Dengan sambutan ramah pengurus OSIS dan dewan guru yang menjadi penerima tamu, para siswa dan wali diarahkan untuk berfoto di photobooth yang telah disediakan untuk kenang-kenangan. Selanjutnya mereka menikmati penampilan siswa dan siswi SMK Negeri 1 Tapen yang menyajikan berbagai atraksi.

Tepat pukul 09.00 rangkaian kegiatan wisuda dimulai. Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd, M.Pd. yang memberikan sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh wali murid yang telah memberikan kepercayaan pada SMK Negeri 1 Tapen dalam mendidik putera-puterinya. Bapak Asyik juga menyampaikan beberapa perkembangan sekolah dalam beberapa tahun terakhir.

Puncak kegiatan wisuda terjadi saat seluruh siswa dipanggil satu persatu untuk menerima Surat Keterangan Lulus dan mendapatkan kalungan cindera mata. Suasana haru terpancar dari wajah wali murid saat melihat putera-puterinya mulai menaiki pentas wisuda. Acara semakin meriah saat siswa terbaik dari masing-masing kompetensi keahlian dipanggil untuk menerima cindera mata dari sekolah.

Pelaksanaan Wisuda Purnawiyata ini semakin lengkap saat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Bapak Ahmad Jaenuri, S.Pd, M.Pd, memberikan motivasi kepada para siswa. Bapak Jaenuri berpesan kepada siswa untuk tidak berhenti belajar meskipun secara formal sudah tidak lagi bersekolah. Para siswa terlihat antusias menyimak arahan yang kadang disegarkan dengan humor edukatifnya.

Menjelang pukul 12.00, pelaksanaan wisuda purnawiyata selesai, namun para siswa dan wali murid tidak langsung beranjak dari tempat acara. Mereka terlihat berfoto dengan latar panggung wisuda untuk kenang-kenangan. Seperti yang dilakukan Alfi, siswa kompetensi keahlian Multimedia yang dipanggil untuk mendapatkan penghargaan siswa terbaik. Ia terlihat berfoto dengan beberapa temannya. “Untuk dokumentasi, nanti juga bakalan jarang ketemu”, ujarnya.

Wisuda purnawiyata ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tapen. Menurut Ketua Panitia, Bapak Hasan, S.Pd kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan beberapa tahun lalu, namun tidak bisa terlaksana karena pandemi. “Kami bahagia bisa memberikan kebahagiaan dan kenangan terbaik bagi siswa-siswi yang sudah menyelesaikan pendidikannya di sini” pungkasnya.