Maulid Sebagai Wadah Meneladani Nabi Muhammad 

Kata Maulid  secara harfiah bermakna kelahiran, namun peringatan Maulid Nabi sendiri bukan semata untuk memperingati kelahiran beliau. Namun justru untuk menambah semangat dan cinta umat Islam kepada utusan Allah, yaitu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Itulah semangat yang diusung oleh umat Islam dalam merayakan hari Maulid Nabi.

Peringatan maulid dilaksanakan secara rutin setiap bulan rabiul awal pada tahun Hijriah. Peringatan Maulid Nabi di SMK Negeri 1 Tapen pada Tahun 1444 Hijriah ini dilaksanakan Jumat, 11 Rabiul awal. Bertepatan dengan tanggal 7 Oktober 2022 Masehi. Peringatan ini diikuti oleh semua guru, karyawan dan siswa di Musholla Kaneta. Acara dimulai pukul 07.00 WIB – selesai. Dengan mengusung tema Meneladani Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk membentuk generasi yang unggul dalam prestasi, berkarakter, dan berakhlakul Karimah diharapkan para siswa, guru dan karyawan dapat menjadi orang yang unggul dan berakhlak yang baik. 

Para Guru turut berpartisipasi

Maraknya tawuran, kekerasan, bullying, sikap apatis bisa jadi disebabkan karena para remaja tidak memiliki teladan yang baik atau bahkan salah memilih tokoh untuk diteladani. Seringkali terjadinya kekerasan karena dipicu hal-hal sepele. Seperti yang terjadi pada salah satu SMK Negeri di Jember baru-baru ini. Korban dianiaya hingga tewas. 

Oleh karena itu, pentingnya mereview kembali ingatan remaja, khususnya siswa SMK Negeri 1 Tapen untuk meneladani “uswatun hasanah” umat, yaitu Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wasallam. Beliau adalah sosok teladan terbaik yang dimiliki umat ini. Orang-orang yang meneladani beliau dengan sungguh-sungguh, pasti akan berhasil. Sebagaimana para shahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan para ulama. 

Pemateri peringatan Maulid Nabi kali ini diisi oleh Lora Khoirul Umam, Lc. Beliau berasal dari Mrawan-Tapen. Beliau pemilik yayasan bernama Yayasan Ar Rohmah. 

Dengan adanya peringatan maulid ini, diharapkan para siswa menjadi sosok yang unggul berprestasi, berkarakter, dan berakhlakul karimah. Sebagaimana Visi SMK Negeri 1 Tapen Berkarakter, Aktif, Inocatif, fan Kreatif (BAIK). 

Leave a Reply

Your email address will not be published.