Gelar Studi Tiru untuk Inovasi Baru

Sebanyak 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah para wakil kepala ketua kompetensi keahlian dan perwakilan guru mengikuti studi tiru ke SMK raden Umar Said Kudus pada hari kamis 23 September 2021.

Tepat pukul 8.30 rombongan SMK Negeri 1 Tapen memasuki lingkungan SMK RUS yang diterima langsung oleh wakil kepala bagian humas dan kepala tenaga administrasi sekolah. Setelah melakukan serangkaian protokol kesehatan akhirnya memasuki aula mini tempat acara akan dimulai.

Dalam kegiatan ini Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd, M.Pd. selaku kepala SMK Negeri 1 Tapen menyampaikan sambutan perihal maksud studi tiru yang dilanjutkan dengan penyampaian informasi dan diskusi terkait pengalaman yang dilakukan oleh SMK RUS untuk menjadi sekolah dengan model pembelajaran berbasis industri.
Setelah beberapa saat saling bertukar informasi, Kepala SMK Negeri 1 Tapen memberikan cindera mata kuningan sebagai corak khas daerah tapen, sementara SMK RUS memberikan miniatur karakter animasi Pasoa yang sudah diproduksi.

Melengkapi studi tiru, rombongan SMK Negeri 1 Tapen berkesempatan melihat ruang produksi yang terdiri dari beberapa unit pekerjaan. Suasana ruang produksi yang nyaman serta alat produksi yang lengkap menjadi perhatian tersendiri.

“Perangkat kerja seperti ini masih sulit kita tiru dalam waktu dekat, akan tetapi manajemen pengelolaan sekolah dan semangat warga sekolah harusnya bisa kita adaptasikan”, ujar Bapak Asyik Sulaiman yang diamini rombongan lainnya.