Begini Tips SMKN 1 Tapen siapkan Kader OSIS Terbaik

Para pelajar merupakan generasi muda yang mempunyai posisi paling penting dalam regenerasi suatu lapisan masyarakat ataupun suatu bangsa. Sehingga para generasi muda lah yang menyambung tongkat estapet kepemimpinan dalam suatu bangsa dan akan menjadi para leadership-leadership yang akan mengembangkan dan memajukan bangsa ini. Sehingga dibutuhkanlah potensi dan kreatifitas-kreatifitas yang dapatĀ  memunculkan suatu siswa yang berkualitas sangat baik dan mampu mengembangkan potensinya bagi bangsa ini.

Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang menjadi wadah bagi seluruh siswwa dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat mengaplikasikan semua potensi yang dimiliki dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilaksanakann oleh siswa, baik bersifat intens, pengabdian masyarakat dan keikutsertaan dalam lomba, baik tingkat nasional.

Seiring berjalannnya waktu, masa jabatan OSIS SMKN 1 Tapen periode 2019/2020 telah selesai maka harus diadakan pergantian kepengurusan OSIS SMKN 1 Tapen baru, guna terciptanya OSIS SMKN 1 Tapen yang lebih baik.

Alur pemilihan OSIS SMK Negeri 1 Tapen

Pendataan osis dimulai dari mendata siswa sebanyak 5 orang dari masing-masing kelas pada jenjang X dan XI. Total rombongan belajar sebanyak 13. Jumlah calon anggota osis secar keseluruhan sebanyak 65 orang. Dari ke-65 orang tersebut akan diseleksi menjadi 30 orang. Seleksi ini menggunakan instrumen berupa tes tulis selama 30 menit dan performace (presentasi) selama 60 menit. Selanjutnya akan ditetapkan dan diumumkan 30 orang yang lolos seleksi. Tiga puluh peserta itu akan didiklat pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 diisi dengan meteri Kepemimpinan oleh kepala Camat Tapen dan Narkoba, terorisme, dan radikalisme oleh pihak kepolisian, motivasi organisasi, speak up organisasi, pembentukan karakter kepemimpinan, dan penerapan karakter dalam organisasi serta penutupan pemilihan dan LDK OSIS oleh Kepala sekolah. Pada hari kedua, Kamis, 14 Oktober 2021 diisi dengan PBB dan outbond yang dengan fasilitator Koramil 0822/11.

Dari kegiatan Seleksi dan diklat akan dipilih 4 orang yang bisa dijadikan sebagai calon ketua OSIS. Kemudian dilaksanakan pemilihan ketua osis pada Senin, 25 Oktober 2021. Pengumuman hasil pemilihan ketua OSIS pada Rabu, 27 Oktober 2021 dan diakhiri dengan pelantikan pengurus OSIS periode 2021/2022. Adanya pemilihan dan diklat OSIS ini untuk menjaring penerus bangsa yang berjiwa kepemimpinan