Jadi Host Pertemuan MGMP PJOK; Serius tapi Santai.

Sebagai pendidik, menjalin kemitraan dengan sesama pendidik adalah sesuatu yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. Karena itu, berbagai organisasi yang mewadahi guru banyak ditemukan, salah satunya adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai wadah sosialisasi dan saling meningkatkan kompetensi bagi guru yang mengajar mata pelajaran yang sama.

Salah satu kegiatan yang diadakan MGMP adalah pertemuan rutin seperti yang dilaksanakan oleh MGMP Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK) di SMK Negeri 1 Tapen pada Selasa, 2 November 2021. Sebanyak lebih dari 20 guru PJOK dari berbagai SMK Negeri dan Swasta yang berasal dari Kabupaten Bondowos dengan penuh semangat berkumpul di aula mini sekolah.

Berbeda dengan MGMP mata pelajaran lain yang biasanya langsung berkumpul di ruangan, para guru PJOK ini justru memulai kegiatan dengan berolahraga bersama di halaman sekolah. Para guru ini dengan penuh enerjik membentuk dua tim untuk bermain bola voly. Riuh sorak bersahutan dari para guru lain yang menyaksikan pertandingan ini.

Setelah beberapa saat bertanding, para guru PJOK beristirahat sejenak sebelum masuk ke ruang pertemuan. Suasana riang terlihat di saat para guru ini menikmati kopi dan sajian dari ROTIKU, produk Teaching Factory Kimia Industri SMK Negeri 1 Tapen.

Agenda selepas istirahat dilanjutkan dengan pertemuan di dalam ruangan untuk membuat perangkat untuk Ujian Akhir Semester Ganjil. Dengan penuh semangat, para guru hebat ini mulai menyusun kisi-kisi dan soal yang akan diujikan di tiap sekolah. Pembuatan perangkat ujian secara kolektif ini dimaksudkan agar seluruh sekolah memiliki standar evaluasi yang sama tanpa melihat status negeri atau swasta.

Beberapa jam berlalu, akhirnya perangkat Ujian Akhir Semester Ganjil untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan didistribusikan kepada seluruh guru. Tidak lama berselang kegiatan ini diakhiri. Seluruh guru akhirnya kembali ke sekolah masing-masing.