Kegiatan Pesram 2021; Fokus pada Mengaji dan Sholat Fardhu.

Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan untuk meningkatkan iman dan taqwa. Seperti yang digelar oleh SMK Negeri 1 Tapen melalui Pesantren Ramadhan.

Kegiatan yang diikuti oleh semua siswa ini dilaksanakan sejak Selasa, 12 April 2022. Rencananya kegiatan akan berakhir pada hari Kamis 14 April 2022.

Selama Pesantren Ramadhan, siswa mendapatkan pembiasaan untuk melakukan sholat dhuha secara berjamaah di Musholla Assumantri. Selanjutnya siswa mengikuti tadarrus Al-Qur’an di kelas masing-masing.

Selain melakukan tadarus di kelas, beberapa siswa terpilih dan guru mengikuti khatmil qur’an di musholla. Masing-masing mendapatkan jatah 1 juz untuk menggenapkan bacaan Al-Qur’an sebanyak 30 juz.

Selepas istirahat, para wali kelas memberikan materi dan praktik tentang sholat fardhu. Satu persatu siswa mengikuti arahan untuk melakukan praktik sholat fardhu. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan melakukan sholat dhuhur secara berjama’ah.

Menurut Ibu Fifi Ayu Andani, guru Pendidikan Agama Islam, fokus utama dalam pesantren Ramadhan ini adalah pada pembekalan Al-Qur’an dan Praktik Sholat. “Kita berharap, siswa mampu beribadah dengan lebih baik setelah kegiatan ini”, kata guru yang mulai berdinas sejak tahun 2021 ini.