Kimiaku untuk Desa Seri 3 : Pembuatan Jamu Instan Kunyit Asam

Sebagaimana sebelumnya, rangkaian pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Kimia Industri yang bertajuk Kimiaku Untuk Desa sukses pada hari ketiga semakin mendapatkan perhatian warga. Pada hari ketiga, pelatihan kembali bergeser ke Desa Sumberkalong sebagai desa kelahiran siswa yang menjadi narasumber pada Kamis, tanggal 9 Februari 2023 ini.

Pada hari ketiga ini, yang berkesempatan untuk menjadi narasumber adalah Dini Febriyanti, siswi kelas XII Kimia Industri. Dini, begitu ia dipanggil, mendampingi para peserta yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu untuk belajar membuat bubuk instan kunyit asam.

Dini Febriyanti bersama Kepala Desa dan Pembimbing dari sekolah

Sebelum mulai mendemonstrasikan pembuatan bubuk instan kunyit asam, Dini menjelaskan kandungan kunyit asam yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tanpa efek samping berlebihan. Kandungan kurkimin dalam kunyit berperan sebagai antioksidan alami dan anti peradangan.

Setelah memberikan penjelasan tentang manfaat kunyit asam, Dini mendemonstrasikan proses pembuatan jamu instan kunyit asam. Tidak butuh lama, hanya dalam 45 menit jamu instan kunyit asam sudah selesai dibuat. Jamu instan ini berbentuk bubuk yang dapat diseduh kapan saja dibutuhkan.

Ibu-ibu yang menjadi peserta pelatihan terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. “Enak ada pelatian ini, kita bisa bikin jamu instan sendiri di rumah, yang pasti lebih terjamin kebersihannya dan lebih praktis.”, kata Ibu Hosniah, salah satu warga desa Sumberkalong sambil mencoba hasil produk jamu instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *