Kimiaku untuk Desa Seri 2 : Pembuatan Balsem dan Minyak Aromaterapi

Sukses mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci piring, Kompetensi Keahlian Kimia Industri melanjutkan program ‘Kimiaku untuk Desa’. Pada hari ke dua, kegiatan pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Wonosari Kecamatan Wonosari pada Rabu, 8 Februari 2022.

Sejak pukul 9 pagi, antusiasme peserta pelatihan terlihat begitu tinggi. Hampir semua kursi yang disediakan di pendopo balai desa terisi oleh peserta yang terdiri dari kerabat desa dan warga Desa Wonosari. Terlebih yang akan memberikan pelatihan adalah siswi kelas XII Kompetensi Keahlian Kimia Industri yang berasal dari desa tersebut, Anisatun Kamizah yang akrab dipanggil Anis.

Begitu sampai di lokasi, Anis dengan cekatan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pada pelatihan hari ini, Anis mendemonstrasikan pembuatan Balsem dan Minyak Aromaterapi. Setiap langkah pembuatan balsem dan minyak aromaterapi dipraktikkan dengan penuh percaya diri.

Tak hanya memberikan demonstrasi, Anis memberikan kesempatan pada peserta yang hadir untuk ikut mencoba praktek sampai menghasilkan produk sendiri. Wajah-wajah berbinar terlihat dari para peserta setelah berhasil membuat balsem dan minyak aromaterapi.

Antusiasme peserta ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Desa Wonosari yang memang getol untuk mengadakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas warganya. Terlebih jika ada warga desa yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut.

Suasana akrab antara Kepala SMKN 1 Tapen dengan Kepala Desa Wonosari

Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd. yang juga hadir pada pelatihan juga terlihat bangga dan bahagia atas respon positif dari Pemerintah Desa. “SMKN 1 Tapen itu sekolah desa, makanya sangat layak jika memberikan kontribusi nyata untuk desa”, tegasnya.