Demi Ilmu Baru, Siswa-Guru Kimia Industri Lakukan Perjalanan Ke Barat!

Perkembangan teknologi pada bidang kimia Industri menuntut semua pihak yang bergelut di bidang ini untuk terus belajar agar tidak tertinggal. Tak terkecuali dengan guru dan siswa SMK Negeri 1 Tapen.

Dalam rangka meningkatkan ilmu dan kompetensi baru inilah, SMK Negeri 1 Tapen mengirimkan guru dan siswa dalam Pelatihan Pelapisan Logam pada Plastik secara Electroless dan Electroplating pada Kamis, 11 Mei 2023.

Pelatihan yang diinisiasi oleh MGMP Teknik Kimia Jawa Timur ini bertempat di SMK Negeri 5 Surabaya. SMK Negeri 1 Tapen sendiri diwakili oleh salah satu guru Kimia Industri Ibu Ayati Kanzaniah Nur Imani, S.Pd. dan siswa kelas XI Kimia Industri 1 Syahrir Royhan.

Sejak pembukaan pada pukul 07.30, seluruh peserta terlihat sangat antusias. Terlebih saat Pemateri Agus Gazali, S.T dari Sinar Permata Plating Surabaya memberikan materitentang prinsip pelapisan pada plastik, penjelasan alat dan bahan, dilanjutkan 2 sesi praktik (siswa dan guru) lalu diakhiri dengan diskusi bersama.

Keikutsertaan SMK Negeri 1 Tapen dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya memfasilitasi guru dan siswa Teknik Kimia untuk upskilling/reskilling dalam trend industri plating/pelapisan pada plastik.

“Kami sangat maklum bahwa selama ini masih ada gap antara kurikulum di sekolah dan industri. Kegiatan ini pasti kami sambut dengan positif agar sekolah dapat adaptif dengan perkembangan industri”, ujar Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd., saat dimintai komentar tentang kegiatan pelatihan.