Raih juara 3 Pemilihan Pemuda Pelopor Provinsi, Fajar Harumkan Nama Kota Bondowoso.

Prestasi fenomenal kembali diraih oleh siswa SMK Negeri 1 Tapen. Kali ini melalui Fajar Putra Setiawan, siswa kelas XII RPL, SMK Negeri 1 Tapen kembali mengukir prestasi pada Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi.

Fajar meraih juara 3 se-provinsi. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil seleksi wawancara yang dilaksanakan di Surabaya. Melalui aplikasi Sipesud, Fajar berhasil meyakinkan dewan juri dan menyisihkan perwakilan beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Sipesud yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Pelayanan Surat Desa merupakan aplikasi berbasis desktop yang dikembangkan fajar untuk mempermudah administrasi desa. Awalnya aplikasi ini diujicobakan di Desa Cindogo. Kehandalan aplikasi ini kemudian membuat camat Tapen tertarik dan memberikan Fajar kesempatan untuk memperluas skala aplikasi ke tingkat kecamatan.

Sebelum mengikuti seleksi di tingkat provinsi, Fajar berhasil menjuarai seleksi pemuda pelopor Tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Tapen. Berbekal kemampuan teknis dan skill komunikasi yang baik, Fajar berhasil memberikan yang terbaik.

Ada cerita menarik di balik kejuaraan ini. Ada celetukan dari salah seorang juri yang mengatakan mulai persiapan lomba sampai fact finding baju batiknya kok sama. Apa ini hanya diakali. Mendengar hal itu tentu saja pembimbing merasa perlu meluruskan bahwa itu satu-satunya baju batik yang dimiliki Fajar. Mendengar hal tersebut, tergugahlah beberapa pejabat teras yang ada. Fajar dihadiahi beberapa baju batik. Tak hanya itu, fajar juga mendapatkan tas dan sepatu serta kini bekerja di kecamatan Tapen.

Kini, Fajar dengan bangga membawa piala juara 3 pemuda pelopor se-provinsi. Mengharumkan nama sekolah dan kabupaten. Bahkan tawaran bekerja di Disparpora pun siap dikantongi. Fajar pun digadang-gadang untuk maju ke tingkat nasional.

Semoga kejuaraan ini menjadi jalan untuk meraih kesuksesan lain dan memecut siswa lainnya untuk mengikuti jejak Fajar yang penuh prestasi gemilang. Sehingga lahirlah pemuda-pemuda pelopor yang penuh prestasi di Bondowoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *