Gandeng Dispenduk, Kaneta Pastikan Data Kependudukan Siswa Terekam Tuntas!

Guna meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya data kependudukan, SMK Negeri 1 Tapen menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso dalam perekaman data kependudukan. Perekaman ini dilaksanakan di Laboratorium Multimedia pada Rabu, 14 Juni 2023.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengirimkan satu tim yang terdiri dari 5 orang yang dikomandani oleh Bapak Akbar untuk membantu siswa-siswi SMK Negeri 1 Tapen yang telah berusia 17 tahun untuk merekam datanya. Setelah melakukan setting ruangan, satu persatu siswa dipanggil untuk melakukan perekaman data.

Proses perekaman data yang dilakukan meliputi perekaman sidik jari, pemotretan foto wajah, perekaman tanda tangan, dan perekaman iris mata. Selama proses perekaman, beberapa kali tingkah lucu terlihat mulai dari siswa yang terlihat nervous sampai siswa yang berusaha berpose semanis mungkin.

Kegiatan ini direspon sangat positif oleh siswa. Seperti diakui Dwi Putri Rahmadani, ia mengaku sangat bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor Dispenduk untuk melakukan perekaman. “Enak kalau perekaman di sekolah, tidak lama-lama antre dan prosesnya lebih cepat.” Ujar dara kelas XI RPL 2 ini.

Menurut Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Bapak Adi Sumatri, M.Pd., kegiatan ini merupakan upaya SMK Negeri 1 Tapen untuk membantu siswa agar memiliki dokumen kependudukan. “Kita tahu sendiri, siswa pasti memerlukan KTP begitu mereka lulus, baik untuk bekerja atau lainnya. Jadi kita fasilitasi agar data kependudukan mereka sudah siap begitu mereka lulus” Ujur guru yang pernah menjadi nominasi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi ini.