Ngabuburit ala Kaneta: Berbagi Takjil dan Live Music

Suasana di gerbang utama kaneta tampak berbeda dari biasanya. Gerbang yang biasanya terbuka lebar tampak tertutup pentas kecil dengan seperangkat alat musik. Di sisi lain, beberapa meja berjejer dengan tumpukan kardus berisi takjil.

Begitulah kondisi yang terlihat di halaman SMK Negeri 1 Tapen pada Kamis sore, 30 April 2021. Pada hari itu sekolah mengadakan Ngabuburit yang dikemas dengan konser musik dan pembagian takjil.

Sejak pukul 15.00 alunan musik sudah mulai terdengar. Iringan musik dimainkan dengan apik oleh guru dan siswa yang menggawangi alat musik yang tersedia. Lagu-lagu religi dinyanyikan dengan merdu oleh siswi yang menjadi vokalis.

Saat sore mulai menjelang, sekelompok ibu guru dan siswi mulai beranjak memberikan takjil. Satu persatu bungkusan kotak takjil berpindah tangan kepada masyarakat yang melintas di depan sekolah. Tidak sedikit pula yang berhenti dan menikmati life music.

Menjelang Maghrib, seluruh takjil habis dibagikan. Tim live musicpun mulai berkemas. Tapi keseruan tidak berhenti di sini. Siswa dan guru yang terlibat kegiatan ngabuburit berpindah tempat untuk bersiap buka bersama. Suasana kebersamaan sangat terlihat saat guru dan siswa mempersiapkan menu berbuka.

Ngabuburit yang dilaksanakan sekolah adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghibur berbagi dengan masyarakat sekitar. “SMK Negeri 1 Tapen tumbuh dan berkembang karena dukungan masyarakat, karena itu kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat” Ujar Bapak Budi Santoso, S.Pd., M.Pd, Waka Humas sekaligus penanggung jawab kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.