Antusiasme Siswa di Gerakan Literasi Digital Nasional Kemenkominfo

Tingginya pengguna internet di Indonesia melahirkan banyak dampak. Positif dan negatifnya dampak penggunaan internet tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu yang paling penting adalah sejauh mana kemampuan literasi digital para penggunanya. Semakin baik literasi digital pengguna, semakin kecil dampak negatif yang berpotensi muncul.

Menyadari pentingnya literasi digital sebagai bekal dalam bagian masyarakat sekolah, sekolah mendorong seluruh siswa kelas XI dan kelas XII untuk aktif dalam berbagai kegiatan. Salah satunya adalah mengikuti Webinar Gerakan Literasi Digital untuk Kaupaten Bondowoso yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Selasa, 13 Juli 2021.

Sebelum room meeting dibuka pada pukul 09.00, para siswa sudah melakukan registrasi untuk mendapatkan link ke Zoom. Para wali kelas membantu beberapa siswa yang mengalami kesulitan karena baru pertama kali mengikuti webinar. Begitu webinar dimulai, antusiasme siswa terlihat dari munculnya pertanyaan-pertanyaan untuk para narasumber.

Selain dari materi yang menarik, antusiasme siswa ini tidak lepas dari kehadiran dua guru SMK Negeri 1 Tapen yang menjadi narasumber. Mereka adalah Bapak Ahmadi Andianto, M.Kom yang membahas bagaimana harus bijak sebelum mengunggah ke media sosial, dan Bapak Haris Nurtanio, S.Kom yang membahas bagaimana untuk Positif, Kreatif, dan Aman dalam menggunakan internet.

Pada bagian akhir zoom meeting, beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan terpilih untuk mendapatkan hadiah Saldo Go-Pay/Ovo. Kejutan hadiah ini tentu saja disambut dengan suka cita. Selanjutnya seluruh siswa mengisi daftar hadir online dan survey untuk mendapatkan sertifikat. Beberapa siswa dengan bangga menunjukkan sertifikatnya pada grup diskusi kelas.

Kegiatan literasi digital disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Menurut Bapak dua putri yang juga menjadi sekretaris MKKS ini, seluruh materi dalam zoom meeting bisa menjadi tambahan bekal siswa, SMK Negeri 1 Tapen berlatar belakang sekolah yang menyelenggarakan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.