Membangun Desa Dengan Teknologi


Siswa kelas 12 RPL 1 saat ini sedang melakukan persiapan UKK dengan bertemakan Pembuatan Aplikasi Layanan Desa. Sebagaimana salah satu tujuan sekolah yaitu membangun potensi & layanan desa. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi di desa. Selain itu, siswa akan mendapat pengalaman yang berharga dengan berinteraksi dalam kemajuan desa.

Pelayanan desa yang semula lambat karena proses yang manual akan dibuat lebih cepat dengan adanya aplikasi ini. Selain itu, siswa akan belajar menganalisis kebutuhan desa dan mencari solusi yang tepat sebagaimana keilmuan yang dimiliki. Sehingga siswa turut serta berperan aktif dalam kemajuan pembangunan desa, terutama desa sekitar sekolah. Kegiatan ini melibatkan siswa, guru, dan perangkat desa terkait.

Aplikasi pelayanan desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh masyarakat. Mempermudah masyarakat dalam proses administrasi. Masyarakat desa dapat memanfaatkan aplikasi ini sesuai kebutuhan, misalnya pembuatan KK, KTP, akta tanah, dan sebagainya. Selain itu, membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan umum yang disediakan oleh pemerintah desa. Surat pengantar SKCK, misalnya.

Tak hanya itu, masyarakat akan mendapatkan akses mudah dan cepat untuk dalam berbagai layanan kependudukan pemerintah desa. Seperti formulir permohonan KK baru.

“Alhamdulillah, adanya aplikasi desa ini sayang membantu kami dalam memberikan pelayanan yang cepat, efektif, dan efisien bagi masyarakat. Pemerintah desa dan masyarakat memang perlu terus berinovasi dalam segala bidang, terutama IT. Kami hanya perlu terus mensosialisasikan aplikasi ini pada masyarakat desa. Maju terus SMK Negeri 1 Tapen. Bisa” ujar kepala desa Jurangsapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *