Demi VIERA, Guru dan Siswa Kaneta Rela Sampai Malam di Labkom 5.

Berbicara tentang semangat dan loyalitas untuk meningkatkan kompetensi, para guru dan siswa SMK Negeri 1 Tapen tidak usah diragukan lagi. Labkom 5 menjadi saksi bagaimana semangat para siswa dalam mengikuti tes VIERA pada Jum’at malam, 21 Juli 2023.

Sejak pukul 19.00 para siswa sudah bersiap. Kurang lebih 20 siswa kelas XII dari berbagai kompetensi keahlian terlihat serius di depan layar monitor yang menampilkan soal. Meskipun seluruh soal disajikan dalam Bahasa Inggris, namun tak sedikitpun rasa panik terlihat di wajah siswa.

Tes VIERA merupakan asesmen untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris siswa dan sejauh mana kesiapan dalam mengikuti test berstandar internasional. Tes VIERA terdiri dari soal listening dan reading sejumlah 100 soal yang harus dikerjakan dalam durasi 1 jam.

Para guru Bahasa Inggris yang hadir memantau siswa terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini. Terlebih ini adalah pengalaman pertama bagi siswa mengikuti tes dengan standar internasional. Teknisi labkom 5 yang menjadi tim teknis juga terlihat sangat bersemangat dan cekatan.

Menurut Ibu Diah Permitasari, M. Pd, salah satu guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Tapen, kegiatan ini merupakan salah satu instrumen untuk melakukan refleksi pembelajaran di kelas. “Selama ini murid dinilai dengan instrumen yang kami buat di sekolah. Makanya kami penasaran dengan tes ini”, ujarnya.

Pentingnya mengukur kompetensi dengan menggunakan standar internasional juga diamini oleh Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd, M.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Tapen. “Standarisasi internasional ini mutlak dilakukan untuk menantang diri kita ke level yang lebih tinggi.” tegasnya.