GIAT KAMI TUK KANETA



Guru bergerak Indonesia maju,merupakan slogan dari Program Guru Penggerak. Ada kekuatan tersembunyi dibaliknya, yakni Indonesia akan lebih maju dengan memajukan Pendidikan. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.


Dikutip dari https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/, Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Calon Guru Penggerak adalah calon pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/faq).


Pada kesempatan ini, Bapak Ahmadi Andianto, S.Pd., M.Pd Bersama Ibu Yuli Sastriyaningsih, S.Pd beserta , Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Bondowoso yang saat ini mengabdi di SMKN 1 Tapen berbagi pengalaman selama mengikuti program guru penggerak dalam kegiatan aksi nyata. Aksi nyata tersebut dilaksanakan dengan dua kegiatan berbeda. Pertama, kegiatan membuat keyakinan kelas. Keyakinan kelas merupakan nilai-nilai kebajikan yang dicetuskan oleh murid untuk menjaga kelasnya agar kondusif, sehingga murid-murid dapat belajar dengan baik dan optimal. Adapun hasil keyakinan kelas XII RPL 2 yaitu disiplin, saling menghormati, menjaga Kesehatan, dan bertanggung jawab.

Peserta CGP dari SMK Negeri 1 Tapen angkatan 9


Kegiatan kedua berupa diseminasi kepada rekan sejawat. Pada kegiatan ini, pemateri mengenalkan tentang Budaya Positif. Kegiatan ini, bertujuan agar seluruh warga sekolah dapat memahami tentang budaya positif, berkolaborasi dan bekerjasama dalam menerapkan praktik-praktik baik agar tercipta lingkungan sekolah yang positif. Sehingga terwujud murid yang BAIK (Berkarakter, Aktif, Inovatif, dan Kreatif).


Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMKN 1 Tapen, sangat mendukung program guru penggerak. Dalam sambutannya dikegiatan diseminasi, beliau menganjurkan guru lainnya untuk ikut bergabung dalam program guru penggerak, karena dirasa membawa manfaat yang baik untuk peningkatan kompetensi guru dan kemajuan SMK Negeri 1 Tapen.


“Sangat menarik. Desiminasi tentang budaya positif ini memberikan pengetahuan baru bagi kami, khususnya tentang teori kontrol. Kita tidak bisa memaksakan kehendak/keinginan kita pada murid. Hukuman dan penghargaan yang berlebih ternyata memiliki dampak negatif, jadi kita perlu merancang strategi untuk mengarahkan murid mencapai potensi maksimalnya” ujar Bapak Adi Sumantri, S.Pd., M.Pd selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan yang juga hadir pada saat diseminasi.


Kegiatan Aksi Nyata Modul 1.4 mengenai Budaya Positif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif khususnya bagi SMKN 1 Tapen, dan juga menggerakkan rekan sejawat lainnya untuk mengikuti program guru penggerak. Kegiatan Aksi nyata lihat di https://drive.google.com/file/d/1Ab1615wEa4Qjd4thSiqi3Z5cIzHrMIse/view?usp=sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *