Simulasi Lancar, SMK Negeri 1 Tapen Siap Sambut ANBK

Sebanyak 45 siswa SMK Negeri 1 Tapen mengikuti Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan pada Senin, 31 Juli 2023. Siswa yang merupakan perwakilan dari kelas XI semua konsentrasi keahlian terlihat serius mengerjakan serangkaian instrumen asesmen di Lab 4 dan Lab 5.

Simulasi ANBK di SMK Negeri 1 Tapen dilaksanakan dalam satu sesi, tepatnya mulai Pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB. Siswa yang mengikuti simulasi terlihat sudah mulai bersiap di dalam ruangan sekitar setengah jam sebelum token untuk mengerjakan simulasi asesmen dibuka.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan simulasi ANBK ini, terdapat seorang proktor dan teknisi yang mendampingi siswa. Proktor merupakan petugas yang bertanggung jawab menjalankan aplikasi ANBK di sisi server, sedangkan teknisi memastikan perangkat yang digunakan oleh siswa berjalan secara baik selama pelaksanaan asesmen.

Sebelum pelaksanaan ANBK dimulai, para proktor dan teknisi ini telah bekerja terlebih dahulu. Hari Minggu yang biasanya menjadi hari libur justru digunakan oleh para proktor dan teknisi untuk mempersiapkan sarana ujian mulai dari sinkronisasi server hingga menata jaringan komputer agar dapat digunakan untuk mengakses soal asesmen dari server.

Simulasi ANBK merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan ANBK yang bertujuan untuk menguji kesiapan sekolah secara teknis dalam melaksanakan asesmen. “Alhamdulillah, secara teknis relatif tidak ada kendala yang signifikan dalam kegiatan simulasi ini. Jadi, Insya Allah kita siap melaksanakan ANBK secara semi online”, ujar Ibu Neny Aniliya Duwiyanti, M.Pd, Waka Kurikulum yang sekaligus menjadi koordinator kegiatan ANBK SMK Negeri 1 Tapen.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, M.Pd, menekankan pentingnya pelaksanaan ANBK sebagai instrumen untuk menilai mutu sekolah. “Hasil Rapor Mutu Pendidikan kita pada tahun lalu secara umum sudah di atas rata-rata nasional, tapi kita ingin pada ANBK tahun ini kita bisa menaikkan semua nilai indikator mutu pada tahun lalu”, tegasnya.