Pelaksanaan LDKS OSIS SMK Negeri 1 Tapen, 16 Oktober 2023

Bondowoso, 16 Oktober 2023 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tapen kembali menggelar kegiatan pembinaan kepemimpinan melalui acara LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang diadakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada tanggal 16 Oktober 2023. Acara ini diisi oleh Sunfi Fahlawati, S.Pd., dengan tema yang mengangkat pentingnya mewujudkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter di Era Digital.

Kegiatan ini diadakan di aula SMK Negeri 1 Tapen dengan peserta terdiri dari para siswa-siswi yang menjadi calon OSIS tahun pelajaran 2023/2024 dan beberapa diantaranya berusia 17 tahun ke atas. Sunfi Fahlawati, S.Pd. sebagai narasumber utama dalam acara ini memberikan pemahaman mendalam tentang sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia. Dalam paparannya, Sunfi menjelaskan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan ada di tangan rakyat, dan pemimpin dipilih melalui pemilihan umum.

Sesi tanya jawab narasumber dengan peserta

Sunfi juga mendorong para siswa untuk menggunakan hak pilih mereka pada pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024. Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam proses demokrasi, karena melalui pemilihan umum, rakyat memiliki kekuatan untuk memilih pemimpin yang akan mewakili mereka di pemerintahan.

Tak hanya itu, Sunfi juga mengajak para siswa untuk memeriksa nama mereka di Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui laman resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum) di cekdptonline.kpu.go.id. Dengan memeriksa DPT, siswa dapat memastikan bahwa mereka terdaftar sebagai pemilih yang sah dan siap berkontribusi dalam proses demokrasi.

LDKS OSIS SMK Negeri 1 Tapen tahun ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang demokrasi dan pentingnya peran pemuda dalam mengawal kebijakan negara. Semangat dan semarak kepemimpinan pun semakin tumbuh di antara siswa-siswa SMK Negeri 1 Tapen, siap untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *