Kepala Cabang Dinas Resmikan Program Twin Skills

Menyambut Tahun Pelajaran baru, SMK Negeri 1 Tapen kembali meluncurkan inovasi andalannya. Inovasi yang diluncurkan pada tahun ajaran ini adalah Program Twin Skills. Program ini diresmikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Bapak Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, MM. pada pembukaan Workshop Pengembangan Kurikulum, Senin 15 Juni 2021.

Menandai peresmian program ini, Kacabdin menandatangani prasasti peresmian program twin skills dengan didampingi Kepala SMK Negeri 1 Tapen, Bapak Asyik Sulaiman, S.Pd, M.Pd, Pengawas Pembina, Ibu Khusnul Insani, S.Pd, M.Pd., dan Wakil Kepala Hubungan Masyarakat, Bapak Budi Santoso, S.Pd. M.Pd.

Twin Skills merupakan program yang menawarkan kompetensi lintas kompetensi keahlian di mana siswa dapat mengikuti muatan pelajaran dari berbagai kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Tapen. Sebagai pilot project, dipilih Kompetensi Keahlian Kimia Industri yang berkolaborasi dengan Kompetensi Keahlian Multimedia.

Tidak hanya muatan pembelajaran yang dikolaborasikan, siswa yang mengikuti program twin skill ini diberikan kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi keahlian lainnya, sehingga siswa tidak hanya belajar, tapi juga memiliki bukti pengakuan kompetensi berupa sertifikat kompetensi.

Kepala Cabang Dinas sangat mengapresiasi inovasi SMK Negeri 1 Tapen dalam program Twin Skill. Dengan inovasi ini, siswa dapat memiliki dua keterampilan yang dibuktikan dengan sertifikasi kompetensi. “Program twin skill ini masih satu-satunya di Bondowoso, bahkan di Jawa Timur. Ini bisa jadi contoh bagi sekolah lain dalam melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat”, pungkas Kacabdin